Minggu, 27 Maret 2016

KIPRAH KELOMPOK PEMBUDIDAYA IKAN ( POKDAKAN )SONYA MINA MAKMUR DALAM BUDIDAYA IKAN LELE DI KAB. PEKALONGAN



 KIPRAH KELOMPOK PEMBUDIDAYA IKAN ( POKDAKAN )SONYA MINA MAKMUR DALAM BUDIDAYA IKAN LELE DI KAB. PEKALONGAN

Pokdakan Sonya Mina Makmur yang bersekretariat di Paesan Utara Rt 02 / Rw 05 Kelurahan Kedungwuni Barat Kec. Kedungwuni ini dipelopori oleh H Warsono selaku ketua. Merintis budidaya lele sejak tahun 2006, kini pokdakan Sonya Mina Makmur telah berkembang pada berbagai bidang usaha seperti : pengadaan induk lele, benih lele bersertifikat, pakan berkualitas, probiotik, pemasaran  dan pengolahan hasil ikan lele. Anggota pokdakan mendapat jaminan persediaan  benih, pakan dan pemasaran ikan lele dengan harga yang menguntungkan..

Pembenihan Ikan Lele  
Untuk mencukupi kekurangan benih ikan lele, pokdakan berusaha untuk memproduksi benih lele sendiri. Ternyata usaha pembenihan ( hatchery ) ini menjadi usaha unggulan bagi pokdakan tersebut, sehingga lahirlah UPR ( Unit Pembenihan Rakyat ) “Sany Catfish Hatchery “ dimana pembenihan ikan lele telah menggunakan induk bersertifikat / memiliki SKA ( Surat Keterangan Asal ). Induk lele bersertifikat / SKA adalah induk ikan keturunan pertama dari induk dasar atau induk penjenis yang memenuhi standar mutu kelas induk pokok. Adapun varietas induk lele yang digunakan adalah Masamo ( strain : Masamo Catfish )
Kolam pembenihan lele menggunakan lahan seluas 200 m2 dengan 14 kolam permanen dan menerapkan CPIB ( Cara Pembenihan Ikan Yang Baik ) dengan persyaratan: induk lele berserifikat, menerapkan SPO Pembenihan, memiliki kolam pembenihan yang baik, memenuhi biosecurity, tidak menggunakan bahan kimia yang dilarang, IPAL dan rekaman kualitas air.
Hasil benih lele “Sany Catfish Hatchery “  selain untuk memenuhi kebutuhan benih lele anggota kelompok juga dikirim ke Cirebon, Indramayu, Brebes, Tegal, Pemalang, Purwokerto dan Limpung. Dalam sekali proses pemijahan dihasilkan 50.000 s.d 100.000 larva ikan lele. Setelah dilakukan pendederan selama 50 hari , benih ikan lele dapat di jual dengan harga  ± Rp. 120,-/ ekor.
“ Untuk kedepan, pembudidaya ikan lele menuntut menggunakan benih lele berkualitas dan bersertifikat, agar hasilnya lebih menguntungkan, untuk itu kami  Sany Catfish Hatchery  sudah siap “ , ujar H Warsono optimistis.




 Untuk mengetahui induk ikan lele yang yang bermutu, berikut persyaratan kuantitatif induk lele berdasarkan SNI.

Tabel ,   Kriteria kuantitatif sifat reproduksi ikan lele (SNI : 01-6484.1-2000)
no


Jenis kelamin

Kriteria
Satuan
Jantan
Betina
1
Umur induk
bulan
8-12
12-15
2
Panjang standar
cm
40-45
38-40
3
Bobot badan pertama  matang gonad
g/ekor
500-750
400-500
4
Fekunditas/ jumlah telur
butir/kg bobot tubuh
--
50.000-100.000
5
Diameter telur
mm
--
1,4-1,5
                                              
Keuntungan menggunakan benih lele dari Induk yang bersertifikat: (1). Lele cepat besar, (2) Efisiensi pakan, (3) Tahan penyakit, (4) Ukuran lele seragam.
Kerugian menggunakan benih lele dari Induk yang tidak bersertifikat: (1) Lele kerdil, (2) Pakan boros, (3) Tidak tahan penyakit, (4) Ukuran lele tidak seragam,

. 
Pembesaran Ikan Lele
Anggota pokdakan melakukan pembesaran ikan lele menggunakan kolam terpal dan kolam tembok. Tiap anggota memiliki 2-5 unit kolam ukuran 3X5 meter dengan padat tebar lele antara 200 – 300 ekor/m2  , dalam 1 kolam dapat di isi benih ikan lele 3000 ekor. Pemberian pakan dilakukan 3 kali sehari ( pagi, siang dan malam ) dengan dosis pakan 3% dari berat / biomasa ikan. Untuk efisiensi pakan dan menjaga kualitas air para pembudidaya menggunakan probiotik yang diberikan lewat pakan ataupun disebar di media air kolam.




Pos Penyuluhan Perikanan ( Posluhkan )
Pokdakan Sonya Mina Makmur dengan 10 anggotanya memiliki motto ‘Sepi Ing Pamrih Rame Ing Gawe’  . Oleh karena itu para anggotanya  terbuka dalam membagi ilmu tentang budidaya ikan lele, dengan memanfaatkan posluhkan yang berlokasi di rumah Bpk Subandi di Desa Tangkil Tengah Rt 8 / Rw 4 , Kedungwuni.  Posluhkan merupakan sarana kegiatan penyuluhan dan berdiskusi. Banyak para pembudidaya dan mahasiswa  yang berkunjung untuk berdiskusi tentang budidaya lele baik dari dalam kota maupun luar kota.
Bagi para pemula jika tertarik budidaya ikan lele dapat berkonsultasi dengan berkunjung ke Posluhkan ataupun Pokdakan Sonya Mina Makmur , Paesan, Kec. Kedungwuni.


Oleh : Prabowo Hariputra, S.Pi
Penyuluh Perikanan
Badan Ketahanan Pangan Dan Penyuluhan Kab. Pekalongan
HP: 0857 40020929
Email : prabowo.hariputra@gmail.com

2 komentar:

  1. Numpng promo Admin
    SIAP SEDIA
    BENIH LELE MUTIARA
    (MUTU TIADA TARA)
    Brg X ada yang membutuhkan Benih Lele Berkualitas Baik bagi Peternak Lele yg masih pemula maupun yang sudah berpengalaman
    Hasil pembenihan Lele Mutiara (MUTU TIADA TARA ) dari Indukan yang bersertifikat dari Balai Penelitian Perikanan Sukamandi
    kami sudah siap menerima pesanan baik sekala besar maupun kecil
    Ukuran (cm) & harga/ekor Benih Lele
    3-5 cm Hrg Rp 150
    4-6 cm Hrg Rp 200
    5-7 cm Hrg Rp 250
    ada Diskon u/pembelian di atas 3000 ekor lele
    Semoga sukses selalu bagi peternak lele di sini
    MONGGO DI ORDER Stok Melimpah
    lok. Pembenihan Kami
    Di Ds. Dukuhsalam RT 03/06 kec. Slawi
    Untuk konsultasi maupun order Benih Lele Mutiara
    silahkan hub.i sy
    Call / sms
    085325394678 / WA
    Suwun go Admine..

    BalasHapus
  2. Saya punya lahan yang lumayan luas di daerah wonolobo belakang SD IT. JETAK KIDUL.. dan saya berniat pengen budidaya pembesaran lele... Tapi saya minim kenalan dan blom kenal pemasaran buat ikan lele.. Sekiranya bisa membeli benih lele dan pakan di situ dan bisa di bantu untuk pemasarannya saya sangat beeminat sekali...

    BalasHapus